WAKTU

JEDA

Rabu, 05 Februari 2014

Android Gingerbread kini bisa BBM


Android Gingerbread kini bisa BBM

Gembar-gembor tentang rencana diluncurkannya Blackberry messenger (BBM) ke android 2.3 Gingerbread (rotijahe, red) ternyata bukan isapan jempol. Kabar terakhir, BBM untuk android rotijahe sudah hadir dalam versi beta. Dan kini dalam proses pengujian. tapi belum diluncurkan secara resmi untuk publik. Rencananya, BBM untuk android 2.3 ini bakal diluncurkan pada Februari 2014. Tapi sejak tulisan ini dibuat (menjelang minggu kedua bulan Febaruari) belum juga ada kabar tentang peluncuran tersebut.

Rencana tersebut, yang dirilis di situs resmi blackberry, tentu tidak tanpa alasan. ”Kami menerima permintaan yang  begitu tinggi untuk aplikasi BBM yang dapat digunakan pada Android 2.3 Gingerbread. Hal inilah yang mendorong pihak BB untuk mendukung sistem operasi Android lawas tersebut,” ujar Kanwar, salah satu team Blackberry yang turut menguji BBM versi beta melalui surat resmi di situs Blackberry

Sebagai lahan bisnis, pengguna android rotijahe memang tak bisa dianggap sepele. Menurut data yang dimiliki Google, jumlah pengguna perangkat berbasis Android 2.3 Gingerbread masih cukup banyak dan aktif mengakses toko aplikasi Play Store. Bahkan, sekitar 21 persen perangkat Android yang mengunjungi Google Play berasal dari platform Android Gingerbread. 

Sekedar diketahui, hingga saat ini aplikasi BBM untuk Android saat ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna ponsel dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) ke atas. Sejak pertama peluncurannya, kehadiran BlackBerry Messenger di platform Android memang bisa dibilang sukses. Dalam sepekan, aplikasi BBM telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Karenanya perusahaan asal Kanada itu dalam waktu dekat ini akan mengapdet versi 1.0.3.87 tersebut ke versi 2.0 agar bisa menggunakan fitur-fitur baru seperti BBM Voice dan BBM Channel yang kini sudah bisa dinikmati di ponsel pintar Blackberry versi 10.1. Sedangkan pengguna Android 2.3.3 Gingerbread tidak dapat menjalankan aplikasi BBM di Android.

Tapi bukan berarti pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi android rotijahe tak bisa menikmati BBM untuk henponnya. Versi beta yang saat ini masih dalam tahap pengujian justru beredar luas di internet. Anda, para pengguna android rotijahe, bisa mengunduh apk BBM untuk gingerbread tersebut di sini (http://www.mediafire.com/download/q1r3ha2clizu9f8/BBM+For+Gingerbread+110.0.0.10+Beta.apk). Setelah berhasil diunduh, anda bisa mengikuti prosedur pengisiannya sebagaimana yang tertera di aplikasi tersebut untuk mendapatkan pin BB di android anda. Selamat mencoba. 

Tapi ingat, aplikasi ini hanyalah versi beta. Mungkin ada beberapa perangkat yang tidak kompatibel. Dalam pengalaman saya, saya sukses menginstalkan aplikasi versi beta ini ke sony xperia go, Samsung Galaxy Wonder dan Galaxy Young. Di ketiga perangkat yang saya sebutkan itu aplikasi berjalan lancar. Hingga saat ini saya belum mengujinya ke perangkat lain.




Tidak ada komentar: