WAKTU

JEDA

Senin, 20 Oktober 2014

Tiga Tips Ampuh Menjadi Sastrawan Berpengaruh

Oleh: Edy Firmansyah

Di zaman serba cepat dan instant ini, selalu saja ada orang yang ingin terkenal dan booming dengan cara cepat. Tentu saja modalnya harus uang. Tapi nyatanya uang tak bisa membeli sepenuhnya sebuah popularitas. Sebuah ketenaran. Sebuah pengaruh. Uang memiliki keterbatasannya sendiri.

Apalagi di dunia sastra. Ternyata uang masih masuk dalam nomor kesekian ratus berapa dibandingkan karya dan ketekunan. Uang bisa melambungkan nama seseorang sedemikian tinggi dengan cepat, tapi dengan cepat pula menghembaskannya ke tempat manusia berpijak. Mirip air mancur. Cepat naiknya, cepat pula turunnya. Denny JA dan buku 33 tokoh sastra Indonesia paling berpengaruh itu contohnya. Tenar begitu singkat. Dicacimaki sedemikian hebat.

Ironisnya, bantahan atas masuknya Denny JA dalam buku "33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh" sekaligus bantahan atas isi buku yang dikerjakan tim 8 itu, bukan disikapi dengan debat terbuka, malah ditindaklanjuti dengan lapor polisi. Merasa tak tahan dengan ledekan dan sindiran, seorang sahabatnya (kalau tak mau disebut kaki tangan), Fatin Hamama, melaporkan pengkritik Denny JA yakni Saut Situmorang dan Sutan Iwan Sukri Munaf dengan tuduhkan “pencemaran nama baik.” Pelaporan itu kerena menurut sang karib Denny JA itu, dalam dunia Sastra, bahasa yang dipakai para pengkritik tidak pantas, tidak sopan, tidak tahu aturan dan sebagainya. Karena menurut pandangannya, dunia sastra itu santun, kemayu, unyu-unyu, kayak manten jawa. Kuat dugaan, tindakan pelaporan itu hanyalah upaya mengalihkan isu atas cacat akademik buku "33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh" yang terus dibeberkan para pengkritik Denny JA.

Sebenarnya kalau mau jujur dunia sastra nyatanya juga penuh ledekan dan cacian. Perkelahian. Pukulan. bahkan tonjokan. Tapi berkat itu semua seseorang bisa lantas terkenal sedemikian lama dan jadi populer dan berpengaruh di dunia sastra. Bukan hanya tingkat nasional pengaruhnya. Tapi bisa sampai nginternasional. Nah, tulisan ini hendak memberikan tips-tips khusus buat seseorang yang ingin populer dan terkenal sebagai sastrawan berpengaruh dan dikenang dunia.

Pertama, tirulah HB. Jassin. Begini ceritanya. Suatu hari Chairil Anwar, Sang Pujangga Indonesia itu, mendatangi sebuah tempat di mana kebetulan HB Jassin lagi latihan teater. Melihat akting Jassin, Chairil tertawa terpingkal-pingkal! Lalu dia teriak dari kursinya, "Woooi, Jassin, udah lah! Tak usahlah kau main teater. Tak ada bakat kau di situ. Hahaha!" Mendengar teriakan Chairil, Jassin emosi. Sebenarnya mau diempet, tapi tak tahan. Emosinya meluap. Lalu Jassin melabrak Chairil dan menonjok mukanya. Tapi setelah ledekan itu Jassin tak lagi main teater. Dan Sastra Indonesia pun kemudian memiliki tokoh arsipnya yang paling tekun dan paling berdedikasi tinggi. Orang menyebutnya Paus Sastra Indonesia.

Seandainya waktu itu Jassin lapor polisi, mungkin nasib akan berkata lain. Barangkali dia tak akan jadi paus sastra tapi benar-benar jadi Paus gereja atau paling banter kolektor buku tua.

Karena itu jika karyamu diledekin, dicaci-maki, dihina dina, datangilah penghinamu lalu tonjok mukanya. Tapi ingat, yang kau tonjok itu haruslah orang sekelas Chairil Anwar. Kalau yang kau tonjok Saya, ya jangan harap saya diam aja. Minimal akan saya tonjok balik.

Kedua, tirulah Chairil Anwar. Jadilah tukang caci-maki. bukan cuma HB. Jassin yang kena hunus lidah si binatang jalang yang lancip itu, cerpenis Idrus juga tak luput dari ledekannya. Begini ceritanya. Suatu hari Chairil Anwar, Sang Pujangga Indonesia itu, bertemu dengan cerpenis Idrus. Chairil lalu bilang ke Idrus: "Hei, Idrus, nama apaan nama kau itu? Masak nama Sastrawan "Idrus"! Nama macam itu cumak cocok buat nama tukang dokar! Kalok Sastrawan, namanya ya harus keren, gaul, kayak "Chairil Anwar"!"

Sekarang, siapa yang tak kenal Chairil? Bahkan anak sekolah yang tak ada minat sama sastra tahu Chairil Anwar, sang binatang Jalang, legenda pujangga Indonesia itu. Tapi saran saya untuk menjadi sekelas Chairil, jangan sembarangan mencaci. Cacilah yang sudah punya nama “besar.” Jangan mencaci Saut Situmorang. Mungkin jika cacianmu keren dan bisa diterima akal sehatnya, bakal dapat bir bintang gratis. Tapi kalau ngawur, kau pasti bakal dibikin tersungkur. Intinya mikirlah sebelum mencaci. Sebab menjadi seperti Chairil tidak sekali jadi, seperti mencari upil.

Ketiga, ini yang terakhir. Jadilah seperti Gabriel García Márquez. Penulis besar Amerika Latin. Peraih nobel sastra juga. Pengarang buku 100 tahun kesunyian yang terkenal itu. Begini ceritanya. Gabriel García Márquez dan Mario Vargas Llosa sahabat karib. Keduanya sastrawan besar Amerika Latin. Sama-sama peraih nobel sastra. Tak jelas ujung pangkalnya kemana kemudian keduanya bermusuhan hebat. Puncaknya, di sebuah bioskop di Meksiko pada 1976, dalam acara pemutaran perdana film karya René Cardona La Odisea de los Andes, begitu Vargas Llosa bertemu García Márquez, peraih nobel sastra asal Peru itu langsung melayangkan tinjunya ke muka García Márquez. Mata kiri García Márquez bengkak. Dan aneh bin ajaib bagai dalam novel-novel realis magisnya, seorang teman lari ke toko daging dekat situ, mengambil seiris daging, lalu menaruhnya di mata García Márquez yang lebam sebagai kompres!

Tapi Garcia Marquez tak pernah melaporkan sahabat karib yang sekaligus musuh bebuyutannya itu ke polisi. Dan hingga kini karya keduanya sama-sama dikagumi dan disegani dengan caranya masing-masing. Bahkan tanpa mereka, sastra Amerika Latin, bahkan sastra dunia, takkan menjadi seperti adanya kini.

Jadi jika anda ingin terkenal di dunia sastra, jika tak sanggup menonjok seperti Jassin atau Vargas Llosa, jika tak sanggup jadi tukang ledek macam Chairil Anwar, bersikaplah seperti Garcia Marquez. Terimalah tonjokan dengan tangan terbuka. Kalau bisa seperti laku para nabi. Kalau ditonjok mata kanan, ikhlaskan mata kirimu. Kalau yang ditonjok pipi kanan, berikan pipi kirimu. Kalau yang nonjok keroyokan, jangan lupa telepon ambulan. Dan mengenai aksi tonjok itu biarkan media meliputnya. Tapi ingat, yang nonjok harus punya karya besar sekaliber Llosa. Dan yang ditonjok harus gigih berkarya sekaliber Marquez. Jangan biarkan saya yang menonjok anda. Sebab saya yakin anda tidak akan jadi apa-apa. Sebaliknya, anda akan kecewa selama-lamanya.


 Edy Firmansyah
penulis unyu-unyu. penyair sambil lalu

Tidak ada komentar: